Memulai Database PostgreSQL

PostgreSQL adalah salah satu RDBMS open source yang tangguh dan dapat diterapkan dalam pembuatan aplikasi program dengan bahasa pemrograman favorit anda seperti Java, PHP atau Python.

Instalasi PostgreSQL

Pada sistem operasi Linux, paket software PostgreSQL biasanya secara default belum terinstall. Pada linux dengan distro berbasis redhat seperti Fedora, Mandriva atau Centos yang anda perlu lakukan untuk mengecek apakah paket PostgreSQL ( Client & Server) telah terinstall atau belum dengan perintah berikut :

#rpm -qa |grep postgresql

jika pada layar konsole anda telah muncul paket rpm berikut (contoh pada Fedora 9),

postgresql-server-8.3.3-2.fc9.i386
postgresql-8.3.3-2.fc9.i386

maka database postgresql telah terinstall di server anda, jika belum saatnya install dengan memasukan CD ke media DVD room anda, dan jalankan perintah berikut

#rpm -ivh /media/cdrom/Fedora/postgresql-server.xxxx

atau anda juga bisa menggunakan perintah yum yang akan mengisntall paket postgresql melalui repository anda.

#yum install postgresql-server

Jika menginstall paket PostgreSQL melalui paket RPM bukan melalui compile dari source, secara otomatis server anda akan dibuatkan user sistem bernama postgres yang sekaligus user admin dari database PostgreSQL anda. User postgres ini biasanya mempunyai home direktori di /var/lib/pgsql


Untuk mengaktifkan service postgresql pada server anda, jalankan perintah berikut :

#service postgresql start

Dan untuk mematikan jalankan perintah berikut

#service postgresql stop

Seting Password user admin postgresql

Setelah server database bejalan di komputer anda, dan biasanya secara default berjalan di Port 5432, langkah berikutnya adalah seting password user admin postgresql yaitu postgres. Masih sebagai root jalankan langkah2 berikut :

1). Login sebagai user postgres: #su – postgres

2). Login ke prompt terminal interaktif postgresql : $psql template1

3).Dalam terminal interaktif postgresql, jalankan perintah berikut untuk mengeset password user postgres dengan password, misalnya passwordnya ‘oke’ : ALTER USER postgres WITH PASSWORD ‘oke’;

4). Berikutnya keluar dari terminal interaktif postgresql, dengan ketikan : \q

5). Edit konfigurasi file untuk aktifkan setingan akses ke database server, yaitu dengan mengedit file /var/lib/pgsql/data/pg_hba.conf sehingga menjadi seperti berikut ini :

# “local” is for Unix domain socket connections only
local all all password
# IPv4 local connections:
host all all 127.0.0.1/32 password

Baris skrip diatas berarti bahwa user yang login ke database server postgresql ini harus dilengkapi dengan password, baik user telah berada dalam sistem maupun melalui jaringan komputer (remote).

6). Karena telah mengubah konfigurasi file pg_hba.conf, maka anda harus merestart service postgresql untuk dapat diaktifkan penggunaannya, yaitu jalankan : #service postgresql restart

Membuat User database

Misalnya akan dibuat user database baru bernama rosa, dengan password oca. Maka jalankan perintah berikut dari konsole linux.

[rojul@localhost ~]$ createuser rosa -P -U postgres
Enter password for new role:
Enter it again:
Shall the new role be a superuser? (y/n) n
Shall the new role be allowed to create databases? (y/n) y
Shall the new role be allowed to create more new roles? (y/n) n
Password:

Perintah createuser rosa -P -U postgres berarti anda ingin membuat user rosa sekaligus dengan passwordnya (argumen -P), sedangkan argumen -U postgres, berarti bahwa yang punya hak membuat user adalah hanya user admin database postgresql yaitu user postgres.

Berikutnya anda diminta memasukan pasword user baru , kemudian ditanya : Apakah user yang baru ini akan dijadikan super user, isi jawaban anda dengan tidak (ketikan n), kemudian, Apalah user boleh buat database, isi jawaban anda dengan Ya ( ketikan y), kemudian, Apakah user yang dibuat ini dapat membuat role baru (user baru), isi jawaban anda dengan Tidak (ketikan n) artinya hanya user admin saja yang berhak. Kemudian terakhir anda diminta memasukan password, yaitu passwordnya user postgres (kalo tidak salah tadi passwordnya oke).

User buat database dan login

Setelah user dibuat maka user database postgresql sekarang dapat membuat database sendiri, misalnya user rosa ingin membuat database koperasi. Berikut perintahnya :

$create database koperasi -U rosa

Untuk login ke basis data koperasi yang telah dibuat tadi jalankan perintah berikut :

$psql -U rosa koperasi

Jika semua lancar .. sekarang anda seharusnya telah berada di aplikasi terminal database PostgreSQL.

Lebih jelas anda bisa lihat lagi beberapa tutorial yang ada di sini http://rojulman.web.id

Post a Response